A. MATERI KELAS 7
Teknologi Informasi dan Komunikasi
(TIK) mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi.
Teknologi Informasi adalah meliputi
segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu,
manipulasi, dan pengelolaan informasi
Teknologi Komunikasi adalah segala
hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantuuntuk memproses dan mentransfer
data dari perangkat yang satu ke lainnya.
Teknologi Informasi dan Teknologi
Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung
pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan,
manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media
Contoh teknologi informasi :
- Computer
Contoh teknologi komunikasi :
- Surat kabar
- Radio
- Telepon
- Televise
Alat pengolah data dari sejak zaman
purba sampai saat ini digolongkan ke dalam 4 golongan besar :
* Peralatan Manual
→ Peralatan pengolah data yang
sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan
tenaga tangan manusia
* Peralatan Mekanik
→ Peralatan yang sudah berbentuk
mekanik yang digerakkan dengan tangan secara menual
* Peralatan Mekanik Elektronik
→ Peralatan mekanik yang digerakkan
secara otomatis oleh motor elektronik
* Peralatan Elektronik
→ Peralatan yang bekerjanya secara
elektronik penuh
Beberapa peralatan yang telah
digunakan sebagai alat hitung sebelum ditemukannya komputer :
1. Abacus
Muncul sekitar 5000 tahun yang lalu
di Asia kecil dan masih digunakan di beberpa tempat hingga saat ini, dapat
dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Alat ini memungkinkan penggunanya
untuk melakukan perhitungan menggunakan biji – bijian geser yang diatur pada
sebuah rak. Para pedagang pada masa itu menggunakan abacus untuk menghitung
transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di
Eropa, abacus kehilangan popularitasnya.
2.
Kakulator Roda Numeric
Pada tahun 1642, Blaise Pascal
(1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut
sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu
ayahnya melakukan perhitungan pajak. Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan
Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan
hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis
sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan.
3.
Kalkulator Roda Numeric 2
Tahun 1694, seorang matematikawan
dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki
Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan. Sama seperti
pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi.
Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang dibuat oleh Pascal, Leibniz
dapat menyempurnakan alatnya. Barulah pada tahun 1820, kalkulator mekanik mulai
populer.
4.
Kalkulator Mekanik
Charles Xavier Thomas de Colmar
menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator
mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis
dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan,
perkalian, dan pembagian. Dengan kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan
hingga masa Perang Dunia I. Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar
membantu membangun era komputasi mekanik.
Perkembangan komputer berdasarkan
genersi :
1) Komputer generasi pertama ( 1940 – 1959
)
Ciri :
* Menggunakan tabung hampa pd sirkuitnya
* Program hanya dibuat dengan bahasa mesin
* Ukuran fisik sangat besar dan memerlukan
tempat luas
* Capat panas, perlu mesin pendingin
* Proses lambat
* Kapasitas sedikit
* Butuh data listrik besar
* Aplikasi terbatas
Contoh : ENIAC, Hardvard Mark II,
IBM Selective Electronic Calculator, EDSAC, Hardvard Mark III, ACE, SEC, UNIVAC
2) Komputer generasi kedua ( 1959 – 1964 )
Ciri:
* Menggunakan trasnsistor pada sirkuitnya
* Ukuran fisik lebih kecil
* Menggukana program bahasa tingkat tinggi
: FORTRON, COBOL, ALGOL
* Kapasitsa memori cukup besar
* Menggukana simpanan luar magnetic
disMempunyai kemampuan realtime dan time sharing
* Proses operasi lebih cepat
* Membutuhkan daya lebih kecil
* Aplikasi lebih luas
Contoh: PDP-1, PDP-8, UNIVAC III,
UNIVAC SS80, UNIVAC 1107, Burroghts 200, IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400
3) Komputer generasi ketiga ( 1964 – awal
80-an )
Ciri :
* Menggunakan IC ( Integrated Circuit)
* Peningkatan software
* Proses pengolahan data lebih cepat dan
akurat
* Mempunyai kapasitas memory lebih besar
* Menggunakan penyimpan luar
* Daya listrik lebih hemat
* Menggunakan multi processing
* Menggunakan visual display terminal,
mampu menampilkan gambar dan grafik
* Harga murah
* Dapat berkomunikasi antar komputer
Contoh : IBM s/360, NOVA, UNIVAC
1108, UNIVA 9000, NCR, GE 600. GE 235, CDC 3000, CDC 6000
4)
Komputer generasi keempat ( awal 80-an – sekarang )
Ciri :
* Berukuran lebih kecil
* Harga relative murah
* Mecul PC (personal computer)
* Terdapat aplikasi yang semakin lengkap
* Menggunakan VLSIC (Very Large Scale
Integrated Circuit)
*
Menggunakan chip yang bernama
microprocessor
Contoh : mikro altari MITS, Cray-I,
Apple II, Radio Shack, Commodore, Desktop computer Xerox, IBM PC/XT, IBM PC/AT,
Machintosh, IBM PS/2, IBM PC/386, IBM PC/486, Pentium, AMD KD 36
5) Komputer generasi kelima ( computer masa
depan )
Dalam pengembangan oleh Negara
Jepang
Mengunakan VLSI (Very Large Scale
Interation)
PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN
KOMUNIKASI
Contoh penerapan dibidang :
Perusahaan : ERP (Enterprise
Resource Planning)
Bisnis : E-Commerce
Perbankan : E-Banking
Pendidikan : E-Learning
Kesehatan : Smart Card
DAMPAK PENGGUNAAN TEKNOLOGI
INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Cybercrime : kejahantan atau
tindakana yang melawan hokum yang dilakukan oleh seseorang dengan mengguanakan
sarana computer
Aktivitas kejahatan dalam jaringan
internet :
Hacking : usaha memasuki sebuah
jaringan dengan maksud mengekploitasi stau mencari kelemahan system jaringan
Cracking : usaha memasuki secara
illegal sebuah jaringan dengan maksud mencari, mengubah atau menghacurkan file
atau data yang disimpan dalam computer pada suatu jaringan
MENGAKTIFKAN DAN MEMATIKAN KOMPUTER
Prosedur yang benar menghidupkan
computer
1. Menyalakan stabilizer
2. Menyalakan power pada Chassing / CPU
3. Menyalakan power pada monitor
4. Menunggu computer loading system operasi
(missal Windows)
5. Tunggu beberapa saat sampai keluar
tampilan desktop di monitor
Prosedur yang benar mematikan
computer
1. Klik tombol start
2. Pilih shut down atau turn off
3. Klik OK
4. Tunggu beberapa saat sampai computer mati
5. Matikan tombol off pada monitor dan
stabilizer
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Perangkat keras dibangi menjadi
1. Perangkat masukan (input device)
a. Keyboard : papan ketik
b. Mouse : pengerak kursor
c. Joystick : untuk bermain game
d. Scanner : untuk merekam daya
gambar/tulisan
e. Digital camera : untuk mengambil foto
f. Microphone : untuk memasukkan suara
g. Webcam : untuk untuk merekam dalam bentukaudio visual
2. Perangkat proses (process device)
a. Motherboard / Mainboard
b.
CPU / Microprocessor : ALU: aritmetic logical unit, CU:control unit,
MU:memory unit
3. Perangkat simpan (storage device)
a. Primary storage : ROM, RAM
b.
Secondary storage : harddisk, disket, UFD, CD/DVD
4. Perangkat keluaran (output device)
a. Monitor
b.
Printer
5. Perangkat tambahan (peripheral) : TV
turner, card reader, modem
PERANGKAT LUNAK
Penggolongan perangkat lunak
1. Sistem Operasi
a. Basis teks (CLI: Command Line Interface) :
MS-DOS, UNIX
b.
Basis grafis (GUI:Graphic Unit Interface) : Microsoft Windows,
macintosh, Linux
2. Program Utility
a. File Viewer : ACDSee, Adobe Reader
b.
Sytem Utulity : program Scandisk, hardware monitor, file compression,
security program (antivirus, anti spyware, firewall, password generator)
3. Bahasa Pemprograman : FORTRAN, COBOL.
PASCAL, BASIC, C++, dsb…
4. Program Aplikasi
a. Program pengolah kata : microsoft word, notepad, open office,
b.
Program pengolah angka : microsoft exxcel
c.
Program presentasi : microsot power point
d.
Program multimedia : windows media player, winamp, jet audio,
real player
sumber: http://pujiputrirahayu9a.blogspot.co.id/
Posting Komentar
Yang mau berkomentar monggo.....